Pemasangan Jumper Front USB dan Audio

PEMASANGAN JUMPER FRONT USB



Yang paling sering dijumpai warna kabel pada front USB adalah VCC = merah (orange), D- = putih (kuning), D+ = hijau (biru), dan Ground = hitam. Tetapi ada juga yang berwarna lain biasanya satu warna (misalnya : Hitam) tetapi ditandai dengan VCC, D-, D+ dan Ground seperti gambar diatas.






PEMASANGAN JUMPER FRONT AUDIO


Bila audio depan tidak dipasang “umumnya” ada dua bagian yang dijumper yaitu R-out dengan R-in dan L-Out dengan L-in, karena pada motherboard lama bila tidak “dijumper’ soundnya tidak akan bunyi sekalipun drivernya telah terisi/ada. Tetapi pada motherboard yang terbaru jumper tidak diperlukan dan sound tetap bunyi.
Catatan lain:

Ada dibeberapa casing yang tidak tersedia kabel R-in dan L-in nya, bila yang dicolok hanya R-out dan L-out nya (khusus pada mobo lama), maka tidak bisa sound depan dan belakang bunyi secara bersamaan atau malah hanya sound depan saja yang bisa berfungsi (output sound belakang tidak bunyi), dan kalau demikian adanya kita bisa mengakalinya dengan memberi jumper R-in dan L-in, dengan cara digabungkan R-out dan R-in dengan sebuah kabel, demikian juga L-out dan L-in, sehingga susunan kabelnya menjadi standar yang berlaku untuk azalia/AC97 yakni, mic, mic power/bias, ground, R-out, R-in, L-out dan L-in.

Saran saya adalah agar kita sangat hati-hati dalam memasang dan mengecek ulang susunan kabel F_USB dan F_AUDIO karena kalau salah pasang berakibat “fatal” terbakarnya USB flashdisk atau chipset USB dan Chipset Audio nya.
Untuk pengetesan USB depan sebaiknya memakai mouse terlebih dahulu, bila mousenya menyala berarti ada powernya dan bila mouse jalan berarti benar susunannya, dan untuk mengetes audio gunakan earphone agar “feedback” nya tidak terlalu besar, yang membuat rusak biasanya kesalahan memasang mic/mic power,


Berikut gambar pemasangannya,

Share this:

CONVERSATION

3 komentar: